4 Metode Mencari Informasi

Metode Big 6

Big6  adalah sebuah model “problem solving” dalam menyelesaikan masalah informasi.

Karena itu, maka model ini sifatnya lebih fleksibel dari model-model literasi informasi lainnya.

The Big6 seperti namanya, memiliki 6 buah langkah efektif yang bisa digunakan untuk menyelesaikan masalah, “step by step”. Setiap langkah diperjelas dengan 2 subdivisi. Keenam langkah tersebut adalah:

 Step 1

 Task Definition/Mendefinisikan masalah.

 Step 2

 Information Seeking Strategies/ Strategi pencarian informasi.

Step 3

Location and Access/ Lokasi dan akses

 Step 4

Use of Information/Menggunakan informasi yang sudah tersedia.

Step 5

Synthesis/Sintesa.

Step 6

Evaluasi.

Metode Flip It

uuetdu.png

Focus = Kata kunci dan istilah penelusuran untuk digunakan

Links  = Lokasi sumber informasi

Input = Informasi yang dibutuhkan. (menyortir, menyaring, dan menyimpan informasi yang sudah didapat sehingga menghasilkan informasi yang tepat dan tidak sembarang).

Pay-off = tahap penyelesaian dan memperlihatkan informasi yang sudah kita dapatkan                    (susun informasi yang didapat dan sajikan)

IT (If…Then…) = Evaluasi hasil dan proses

Metode Alberta Inquiry

 Inquiry merupakan pendekatan pembelajaran di mana siswa menemukan, menggunakan variasi sumber informasi dan ide untuk lebih memahami, suatu permasalahan, topik, atau isu. Hal ini tidak hanya sekedar menjawab pertanyaan tetapi juga melalui investigasieksplorasi, mencari, bertanya, meneliti, dan mempelajari. (Kuhlthau, 2007 yang dikutip dalam Sumarmi, 2012: 17).

Sedangkan menurut (Mulyatiningsih, 2012: 235)  Inquiry adalah metode yang melibatakan peserta didik dalam proses pengumpulan data dan pengujian hipotesis, guru membimbing peserta didik untuk menemukan pengertian baru, mengamati perubahan pada praktik uji coba, dan memperoleh pengetahuan berdasarkan pengalaman belajar mereka sendiri.

 

Dari beberapa pendapat ahli diatas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran inquiry merupakan kegiatan pembelajaran yang melibatkan secara maksimal seluruh kemampuan siswa untuk mencari dan menyelidiki sesuatu (benda, manusia, atau peristiwa) dengan sistematis, kritis, logis dan analistis sehingga siswa dapat merumuskan sendiri penemuanya dengan rasa percaya diri.

Metode Kuhlthaus

Proses pencarian informasi menurut Kuhlthau (1993) dapat dibagi menjadi 6 tahap yaitu:

  1. Tahap Permulaan

Tahap ini ditandai dengan kesadaran seseorang akan adanya kebutuhan informasi.

  1. Tahap Inisiasi

Pada tahap inisiasi ini seseorang masih ragu-ragu terhadap inti permasalahannya. Tahap ini muncul pada saat seseorang merasa pengetahuannya masih kurang dari yang dibutuhkannya. mencari informasi tentang topik atau topik yang menarik, bergulat dengan konsep dasar, dan mengidentifikasi isu-isu terkait

  1. Tahap Seleksi

Pada tahap ini seseorang akan melakukan pemilihan informasi secara selektif, dan pada tahap ini juga seseorang akan merasa siap untuk melakukan penelusuran

  1. Tahap Eksplorasi,

Tahap ini sering merupakan tahap yang paling sulit bagi pemakai dan perantara (intermediary) atau petugas lembaga informasi. Hal ini disebabkan karena ketidakmampuan pemakai untuk menyatakan dengan tepat mengenai informasi yang dibutuhkannya. Pada tahap ini kita mencari informasi tentang topik, bergulat dengan konsep dasar, dan mengidentifikasi isu-isu terkait

  1. Tahap Formulasi

Pada tahap ini perasaan tidak pasti mulai mengikis, kepercayaan diri mulai meningkat. Pola pikir mereka menjadi lebih jelas dan terpusat pada masalah yang ditekuninya

  1. Tahap Koleksi  dan Presentasi

Pada tahap ini interaksi antara pemakai dan sistem informasi menjadi lebih efektif dan efisien . Mereka akan mengumpulkan informasi yang terfokus pada masalah yang dihadapainya.Selanjutnya pada tahap presentasi suatu perasaan puas atau kecewa akan muncul .

Sumber

http://syafiradzikria.blogspot.co.id/2016/09/metode-pencarian-informasi.html

4 METODE PENCARIAN INFORMASI

http://fuanlatifahginting.blogspot.co.id/2016/09/metode-kuhlthaus-flip-it-alberta.html

http://marwadewi10.blogspot.co.id/2016/09/metode-untuk-mencari-informasi.html

Leave a comment